Kamis, 31 Agustus 2017

Syarat Menjadi Sekretaris Perusahaan

Syarat Menjadi Sekretaris Perusahaan

Syarat Menjadi Sekretaris Perusahaan - Kriteria Jadi Sekretaris 
Agar bisa jadi sekretaris butuh di perhatikan kriteria : 
1. Prasyarat Pendidikan serta Pengetahuan 

Pendidikan sedikitnya SMK Program Studi Sekretaris, SMU ditambah pendidikan Sekretaris 
Memiliki pengetahuan yang luas umpamanya pengetahuan tentang Organisasi serta Manajemen perusahaan dan problem dunia usaha. 

2. Prasyarat Keterampilan 

Dapat menguasi serta memakai bhs Indonesia dengan baik serta benar 
Dapat kuasai serta memakai minimum satu bhs Asing terlebih Bhs Inggris baik tulisan ataupun perbincangan 
Dapat melakukan beberapa pekerjaan jadi sekretaris, seprti membuat laporan, mengetik surat 
Dapat memakai mesin-mesin kantor bersama program aplikasinya. Umpamanya untuk computer dapat memakai aplikasi Microsoft PowerPoint, Microsoft Word, Microsoft Excel, serta Microsoft Acces. 

Kesimpulan Tugas Tugas Sekretaris

Dapat berkomunikasi lewat Internet, umpamanya terhubung data, kirim/terima E-mail dll. 

3. Prasyarat Kepribadian 
Kepribadian bermakna keseluruhnya sifat watak manusia yang baik ataupun tidak baik. Kepribadian sekretaris yang baik digambarkan oleh Prajoedi Atmosudirdjo, yakni : 

berlaku sumeh (charming, simpatik, mengasyikkan hati, menarik), pintar bertemu dengan beragam jenis orang, memiliki perasaan (intuisi) yang cukup halus serta bisa berlaku “psychologis’ pada orang. 

Sifat-sifat yang perlu dimiliki untuk menjangkau berhasil seperti jujur, cepat menyikapi keperluan keadaan, serta cepat penuhi apa yang dibutuhkan, sukai bekerja bersama (kooperatif), correct (sopan namun tegas), rajin, cermat, rajin, cermat, waspada (tidak sembrono), bisa beradaptasi pada perubahan-perubahan keadaan, serta simpatik pada pegawai yang lain. 

Sifat yg tidak disenangi yaitu cepat geram, congkak, ketus, sebentar-sebentar saksikan jam, suka berdesas-desus, jahil, usil, sok tahu, kurang ajar, kaku, resmi “sok resmi”, merampas pekerjaan orang yang lain, tidak sabar, pelupa, lupa, asal-asalan, lamban serta segera jemu. 

Sikap perbuatan sekretaris sepanjang bekerja yaitu : kecermatan (accuracy), pertimbangan/perhitungan sebelumnya bertindak (good judgement), merampungkan pekerjaan dengan prima (follow through), panjang akal (resourcefulnes), inisitatif/prakarsa (initiative). 



Prasyarat intinya yakni : 
Minat 
Hal yang satu ini bukan sekedar perlu untuk sekretaris namun penting juga untuk mereka yang menekuni profesinya. Dengan terdapatnya ketertarikan kita bersedia menguasi seluk-beluk kesekretarisan serta memampukan diri jadi sekretaris yang professional. 
Kepribadian yang mantap 
Apasih yang disebut dengan kepribadian? Kepribadian yaitu alur menyeluruh dari semuanya kekuatan, perbuatan serta rutinitas seorang baik dari sisi jasmani, memtal, rohani, ataupun emosi yang teratur dalam satu langkah yang ciri khas dengan memperoleh dampak dari luar. 
Nah, seseorang sekretaris dituntut memiliki kepribadian yang antap dibarengi dengan rasa yakin diri yang tinggi, bersamaan dengan makin tingginya persaingan perebutan didunia kesekretarisan professional. Pengembangan diri mesti kita sendiri yang mengawalinya, supaya dapat mengerti apakah sebagai ketertarikan, keinginan, kempuan serta gagasan untuk hadapi tantangan di masa mendatang. Sistem pengembangan kepribadian mencakup sistem penemuan diri serta pengembangan tingkah laku supaya dapat bertindak dengan aktif di orang-orang. 
Kematangan pribadi begitu diperlukan oleh seseorang sekretaris, mengingat dalam menggerakkan tugas-tugasnya sekretaris juga akan seringkali berhubungan dengan beberapa orang yang mempunyai ciri-khas berlainan- lain. Diluar itu. Tugas-tugas sekretarispun banyak serta beragam macam. Jadi, dengan mempunyai pribadi yang masak, seseorang sekretaris juga akan dapat hadapi masalah serta kondisi dengan positif. 

Seorang berkepribadian yang mantap serta masak jika : 
- Mandiri serta tidak selamanya minta pertolongan serta tuntunan orang lain 
- tidak berbentuk egois 
- dapat mengarahkan perhatian serta usahanya untuk kebutuhan orang yang lain. 
- Terima dianya serta kondisi orang yang lain, sekalian menghormati sendiri serta orang lain 
- Dapat menahan emosinya dalam semua kondisi serta dapat terima kritikan dengan sikap positif. 
Kekuatan berkomunikasi dengan baik 
Seseorang sekretaris bertindak jadi penghubung pada atasan dengan beberapa orang luar, yakni mereka yang datang dari perushaan beda serta anrata atasan dengan staf beda di perusahaan tampat ia bekerja. Oleh karenanya kekuatan berkomunikasi yang baik sangat perlu dalam melindungi nam baik perusahaan serta atasan. 
Ketentuan bicara : 
Terdapat banyak ketentuan yang perlu di perhatikan saat bicara dengan orang yang lain, salah satunya adalah berupaya lihat lawan bicara, nada halus terdengar terang, ekspresi wajahpun di upayakan ceria. Tetapi bicara yang baik bukanlah bermakna cuma bicara dengan nada yang mengasyikkan, tidak monoton, serta lafal yang pasti saja, namun juga berbentuk hati-hati dalam pilih kalimat, berkomentar, serta melakukan tindakan supaya tidak menyinggung perasaan orang yang lain atau buat orang yang lain malu, yang nanti beresiko jelek untuk perusahaan. Sekretaris mesti dapat berlaku tenang, anggun serta yakin diri. 
Penguasaan bhs asing 
Diera globalisasi saat ini seperti saat ini, pastinya tiap-tiap perusahaan bukan sekedar berpartner dengan perusahan- perusahaan dalam negeri saja namun dengan juga perusahaan luar negeri. Nah, kondisi ini mengharuskan sekretaris kuasai bhs asing, paling tidak bhs inggris yang telah disadari jadi bhs internasional. Jadi berbahasa inggris dengan lancar diwajibkan untuk calon sekretaris. Bila kamu kuasai bhs asing terkecuali bhs inggris itu tambah baik. 
Syatar penunjang : 
Kemapuan menyelesaiakan pekerjaan dengan rapi serta sempurna 
Sekretaris membutuhkan sebagian ketrampilan spesial dalam dalam melakukan tugas-tugasnya, seperti mengetik, pembukuan serta pengarsipan dan dalam memakai mesin kantor. 
Tetapi keterampilan yang dipunyainya ini masih tetap mesti diperlengkapi dengan sebagian factor lainnya hingga proses tugasnya bisa lebih efisien, lebih ekonomis, serta lebih produktif. 
Aspek-faktor beda yang perlu dipunyai sekretaris itu yakni : 
- Intelegensi yang tinggi 
- Daya ingat yang kuat 
- Kecepatan kerja 
- Kemampun mengorganisasi pekerjaan dangan baik 
- Daya konsentrasi yang tinggi 
- Kemampun beradaptasi dengan kondisi 
- Kempuan untuk memimpin 
Kekuatan mengatur saat seefektif serta seefesien mungkin 
“Istilah “ work smart not hard”, adalah cerminan dari seorang yang dapat mengatur saat seefektif serta seefesien mungkin saja karna beberapa pekerjaan sekretaris tidak sempat habis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar